Desa Karangkuten

Kec. Gondang
Kab. Mojokerto - Jawa Timur

Info
DESA KARANGKUTEN MAJU DAN MANDIRI MENUJU DESA DIGITAL Karangkuten siap menjadi Desa Digital

Artikel

Sejarah Desa

DESA KARANGKUTEN

26 Agustus 2016

153 Kali dibuka

Sejarah Desa

       Desa Karangkuten merupakan salah satu Desa yang berada di wilayah Kecamatan Gondang Kabupaten Mojoketo yang mayoritas Masyarakat bermata pencarian pertanian dengan karakter masyarakat sesuai adat timur yaitu sopan, beretika dan religius, jumlah penduduk yang terus bertambah dari tahun ketahun sehingga merupakan daerah yang berpenduduk cukup padat dengan tingkat pendidikan yang bervariasi mulai dari tamat SD sampai dengan Perguruan Tinggi, tingkat kesehatan masyarakat Desa Karangkuten cukup baik karena ditunjang dengan sarana dan prasarana yang cukup memadai serta memadai serta kesadaran masyarakat yang cukup tinggi tentang arti kesehatan. Jarak Desa Karangkuten ke Ibu kota Kecamatan Gondang yang relatif dekat sehingga mempengaruhi pola tingkah laku masyarakat desa. Desa Karangkuten terdiri dari 6 Dusun, yaitu Dusun Kuten, Dusun Ketegan, Dusun sukomangu, Dusun Tumbuk, Dusun Karanglo serta Dusun Oto-Oto yang mempunyai adat dan cerita yang berbeda-beda.

Asal Usul Desa Karangkuten

          Terciptanya nama dan keberadaan Desa Karangkuten secara detail tidak ada yang tau, namun dari cerita para tokoh-tokoh tetua desa dapat dirangkum sebagai berikut ;

Awal mula Desa Karangkuten merupakan penggabungan dari dua Desa ( kelurahan ) yaitu Kelurahan Karanglo dan kelurahan Kuten, ini terjadipada jaman penjajahan Belnda, tahun berapa tidak ada yang mengetahui. Kelurahan Karanglo terdiri dari 3 Dusun (pendukuhan) yaitu : Pendukuhan Tumbuk, Pendukuhan Karanglo dan Pendukuhan Oto-Oto. Sedangkan Kelurahan Kuten terdiri dari 3 Pendukuhan yaitu : Pendukuhan Kuten, Pendukuhan Ketegan, dan Pendukuhan Sukomangu.

Pada saat peggabungan tersebut di ambil nama KARANGKUTEN yang berasal dari kata  Karanglo dan Kuten, yang terdiri dari 6 pendukuhan yaitu : Kuten, Ketegan, Sukomangu, Tumbuk, Karanglo,dan Oto-Oto.Lurah pertama MAD DARI.

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Captha

CAPTCHA Image

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa

NOVI PRIHATININGRUM, S.IP

Sekretaris Desa

ROMLI

Kaur Umum dan Perencanaan

JANATIN

Kaur Keuangan

ALFIAN KHUNAIFI

Kasi Kesejahteraan

DEWI RAHMAWATI

Kasi Pemerintahan

BAYU RAMANDA PITOYO

Kasi Pelayanan

YULIA MARTHA KUSUMASTUTI

Kepala Dusun Kuten

SHOLEH

Kepala Dusun Ketegan

ARIF EFENDI

Kepala Dusun Tumbuk

SENERI

Kepala Dusun Karanglo

SLAMET SUSANTO

Kepala Dusun Oto-oto

SUJONO

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Desa Karangkuten

Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur

Lokasi Kantor Desa

Latitude:-7.6050217279016215
Longitude:112.45680034160614

Desa Karangkuten, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto - Jawa Timur

Buka Peta

Wilayah Desa